16 Desember 2015

Maniac (2012)

Berasa Ikutan Bareng Elijah Wood Jadi Psikopat
Cover Maniac
Skor       :  7.0 / 10
Maniac (2012) on IMDb 
Frank (Elijah Wood) adalah pemilik toko boneka manekin. Jika dibandingkan dengan rata-rata pria seusianya, sosok Frank ditampilkan sebagai pribadi yang tertutup, tidak memiliki teman, bahkan hanya sekedar untuk mendapatkan teman kencan saja, Frank sampai harus bergabung di situs kencan online. Bayangan masa kecil Frank yang kelam akan Ibunya yang kecanduan narkoba, bekerja sebagai pelacur dan kerap "bekerja" di depan mata Frank yang masih kecil, sudah membuat Frank menjadi seorang pria yang sakit. Lebih tepatnya, sakit mental. Semua wanita cantik yang berhasil menarik perhatian Frank, selalu menjadi korban pesakitan Frank. Frank menghabisi mereka dengan sadis, mengkuliti kulit kepala mereka untuk mengambil rambut mereka dan memasangnya ke kepala manekin dalam tokonya.

Aksi Elijah Wood di Maniac
Aksi Elijah Wood di Maniac

Hingga pada suatu hari, Frank berkenalan dengan seorang fotografer wanita berparas cantik bernama Anna D'Antoni (Nora Arnezeder) yang tidak sengaja melewati toko manekin'nya dan tertarik dengan hasil karya manekin milik Frank. Anna kemudian menawarkan kerja sama kepada Frank untuk membantunya dalam pengadaan manekin di pameran foto'nya. Frank pun menyambut dengan senang hati. Tampaknya, kali ini Frank mulai mengagumi Anna, ada sesuatu di dalam diri Anna yang tidak ia temui di wanita-wanita sebelumnya yang pernah menjadi korbannya. Ya, Anna wanita yang sopan, terpelajar, sederhana dan tidak agresif. Tanpa disadari, Frank mulai menyukai Anna. Keduanya mulai bersahabat dan terkadang pergi ke bioskop atau sekedar keluar makan. Anna hanya menganggap Frank sebagai teman, terlebih lagi Anna sudah memiliki kekasih. Anna juga tidak mengetahui apapun tentang Frank, termasuk kalau Frank adalah seorang psikopat.

Apakah Anna akan menjadi korban Frank berikutnya? Bagaimanakah identitas Frank akan terbongkar?

Frank di toko manekin miliknya
Frank di toko manekin miliknya

Maniac adalah remake film berjudul sama di tahun 1980. Meskipun film ini bergenre horror, tapi nuansa thriller'nya yang lebih menonjol. Ada beberapa adegannya yang gore (alias sadis), tapi tidak sampai seperti di Hostel ya, hehe. Isi ceritanya bisa dibilang minim, berpusat pada aksi Frank sebagai psikopat. Tapi film ini termasuk tidak buruk-buruk amat yah, makanya aku kasih skor 7.0. 
Apa yang buat film ini lumayan? Nih alasan-alasannya :

1. Salut sama akting Elijah Wood, jujur aku sampai menggilan ngeliat mimik Elijah Wood di film ini. Mimik psycho'nya itu lo dapet banget dah gitu make up Elijah yang cenderung pucat juga ngedukung banget untuk menampilkan sosok seorang psikopat. Wajah innocent'nya Elijah hilang seketika, yang ada malah wajah cowok polos tapi freak.

2. Pengambilan gambar Maniac yang dominan mengarah ke korban tanpa Frank, seolah-olah membuat penonton ikut menjadi psikopat. Tuh nafas ngos-ngosan'nya si Elijah Wood pas lagi h***y atau pas lagi mengejar korbannya sampai terdengar lho. Bener-bener seperti ikutan bareng Frank jadi psikopat. Aarrghh >_<

3. Lagu-lagu yang dijadikan latar film, cocok banget, lagu-lagu techno disco era tahun 90'an   

1 komentar: