3 Januari 2016

The Revenant (2015)

DiCaprio Tampil Beda dan Acak-acak'an
Skor       :  8.0 / 10
The Revenant (2015) on IMDb 
Sebelumnya perkenankan saya mengucapkan selamat hari Natal untuk yang merayakan'nya dan selamat tahun baru 2016. Semoga di tahun yang baru ini, kita semua diberikan semangat baru yang tak pernah padam hingga akhir tahun 2016 dan semoga semua rencana baik yang dicita-citakan dapat terlaksana di tahun 2016 ini, Amiinnn... :). Adalah suatu kebetulan, kalau film pertama yang saya tonton dan review di tahun 2016 ini adalah film aktor idola saya, Leonardo DiCaprio hahaha. Semoga ini pertanda baik heheh. Ya, saya sangat mengidolakan DiCaprio karena totalitas'nya di setiap penampilannya, jadi tidak mengherankan kalau hampir semua film Di Caprio sudah pernah saya tonton. Di antara sekian banyak filmnya, saya menyukai penampilannya di The Basketball Diaries dan Catch Me If You Can. Setelah penampilannya yang terakhir di film The Wolf of Wallstreet tahun 2013, kali ini DiCaprio kembali dengan film terbarunya, The Revenant yang diangkat dari dari sebuah novel karya Michael Punke. The Revenant disutradarai oleh Alejandro G. Inarritu, peraih Oscar tahun 2015 kategori sutradara terbaik lewat filmnya Birdman. Dan seperti biasanya, DiCaprio bermain sangat total, bahkan di The Revenant, DiCaprio yang seorang vegetarian sampai harus rela memakan daging bison mentah demi mendalami perannya sebagai Hugh Glass. Semoga pengorbanan DiCaprio ini nantinya bisa berbuah manis dan akhirnya DiCaprio bisa melengkapi pencapaian karir'nya di dunia film dengan raihan piala Oscar. Good Luck DiCaprio :). Oke langsung saja yuk disimak review'nya, marriii....

Dikisahkan, seorang veteran perang Hugh Glass (Leonardo DiCaprio) bersama anak laki semata wayangnya yang keturunan Indian, Hawk (Forrest Goodluck) bergabung dalam suatu kelompok pemburu kulit hewan yang dipimpin oleh Kapten Andrew Henry (Domhnall Gleeson). Kali ini mereka berburu di tengah medan yang sulit, mulai dari banyaknya binatang buas di dalam hutan, bukit yang terjal dan cuaca dingin yang sangat ekstrim. Mereka juga harus bertahan dan bersembunyi dari serangan kelompok Indian lokal. Glass yang mengetahui seluk beluk medan dengan sangat baik, dipercaya oleh Kapten Andrew memimpin rombongan agar dapat kembali ke pangkalan dalam perjalanan pulang setelah berburu. Tapi tampaknya, tidak semua anggota menyukai Glass,  terutama John Fitzgerald (Tom Hardy) yang meragukan kemampuan Glass dan sering menyindir Glass.

Hugh Glass
Hugh Glass

Hingga pada suatu waktu, ketika Glass sedang berpatroli seorang diri, Glass diserang oleh seekor beruang Grizzly betina dewasa yang mengira Glass akan mengusik anak-anaknya. Adegan Glass ketika bertarung seorang diri dengan beruang Grizzly ini bisa dibilang adegan ter-epic dari film The Revenant. Bayangin aja ya, DiCaprio harus dicabik-cabik, diseret, dilempar, dicakar sampai dijilat beruang. Pokoknya susah diungkapin dengan kata-kata. Lha untungnya, Glass dapat bertahan dan berhasil membunuh beruang itu meskipun ia harus terluka sangat parah. Sekujur tubuhnya penuh luka hingga Glass tidak dapat berjalan. Luka Glass di bagian leher membuatnya susah untuk berbicara. Di tengah hutan dengan peralatan seadanya Glass terpaksa menjalani operasi jahitan tanpa penahan rasa sakit, urrrghhh, ngilu rasanya..

Kelompok Glass yang saat itu sudah memilih jalur darat (sesuai anjuran Glass) untuk menghindari kejaran Indian lokal untuk kembali ke pangkalan, terpaksa harus bersusah payah mendaki bukit terjal sambil menandu Glass yang sedang sekarat. Beban mereka pun semakin bertambah berat, Fitzgerald yang tidak sabar dan egois meminta Kapten agar Glass segera di Euthanasia dengan pertimbangan Glass tidak akan menderita lagi dan mereka juga dapat segera mencapai pangkalan dengan mudah. Namun Kapten Andrew menolak permintaan Fitzgerald. Kapten malah menugaskan Hawk, Bridger (Will Poulter) yang polos serta Fitzgerald dengan imbalan yang sangat pantas untuk menemani Glass di bawah (daerah sungai Missouri) hingga Glass sembuh. Tapi jika Glass akhirnya mati, Kapten meminta mereka untuk memakamkan Glass dengan pemakaman yang layak. Ketiganya menyanggupi perintah Kapten, bahkan Hawk dan Bridger menolak menerima imbalan dan malah memberikan imbalan mereka untuk Fitzgerald. Sementara mereka menemani Glass, anggota yang lain bersama Kapten akan meneruskan perjalanan sampai ke pangkalan. Namun, di tengah menjalankan tugasnya, Fitzgerald yang sedari awal tidak respek dan tidak menyukai Glass, malah mengkhianati Glass.

Glass diserang beruang Grizzly
Glass diserang Grizzly

Apa yang dilakukan Fitzgerald terhadap Glass? Bagaimanakah Glass bertahan seorang diri dari iklim yang ekstrim dengan luka yang sangat parah di sekujur tubuhnya? Bagaimanakah Glass melarikan diri dari kejaran penduduk Indian lokal? Bagaimanakah Glass membalas pengkhianatan Fitzgerald terhadap dirinya?

Film berdurasi 150 menit ini banyak mengambil setting di alam bebas seperti hutan, bukit, sungai dan pegunungan bersalju. Pemandangannya sangat indah meskipun ada beberapa bagian yang menggambarkan betapa ngerinya ketika berada di tengah cuaca ekstrim dan badai salju. Penonton akan disuguhkan bagaimana Glass harus berjuang untuk tetap hidup di alam ganas. Ya, banyak adegan yang mungkin membuat penonton merasa mual dan jijik, tapi jika tidak demikian Glass mungkin tidak akan dapat bertahan hidup.

Inti cerita The Revenant adalah pembalasan dendam. Keseruan di awal film hingga saat pengkhianatan Fitzgerald dapat dipertahankan dengan baik, meskipun setelahnya plot terasa melambat dan sedikit membosankan, namun itu akhirnya dapat tertutupi dengan kecerdikan Glass yang mempesona menjelang film berakhir. Pertarungan Glass dan Fitzgerald juga sangat seru dan menegangkan.

Poin 8 yang saya berikan untuk film ini saya tujukan untuk penampilan DiCaprio yang berbeda dari biasanya. DiCaprio yang biasanya tampil dengan balutan make-up dan kostum yang menonjolkan ketampanannya, kali ini tidak. Jangankan ganteng, bisa rapi saja syukuran hahaha, DiCaprio tampil dengan rambut yang gondrong, berjenggot, tidak terawat dan terlihat tambun, bibirnya'pun pecah-pecah. Oh so sad.... Kostum'nya pun tidak memperlihatkan body'nya yang atletis, maklum kostum untuk pengambilan gambar di cuaca dingin, jadi ya baju tebal berlapis-lapis haha. Bukan cuma dari make-up dan kostum, DiCaprio itu biasanya kan identik dengan penampilannya yang energik dan suka berteriak-teriak, lha di film ini malah jarang ngomong, begitu ngomong suaranya yang keluar juga serak, maklum lagi sakit efek serangan beruang Grizlly di daerah leher hehehe.

Oh ya, ada 2 quote yang fenomenal dan membekas dari The Revenant, yaitu :

"Revenge is in God's hands, not mine"

"As long as you can still grab a breath, you fight..."

Jika diselami lebih dalam, The Revenant ingin menyampaikan bahwa budi baik itu seperti kita menanam bibit yang baik, hasilnya akan dikenang dan menghasilkan buah yang baik pula. The Revenant juga mengajak kita untuk tidak berhenti berjuang selama kita masih hidup.

Penasaran dengan penampilan berbeda DiCaprio? Yuk, tonton film'nya. Jangan ngaku penggemar DiCaprio kalau nggak nonton film ini hehhe....

5 komentar:

  1. Sejujurnya gw sbg fans Dicaprio agak bosen liat dia dgn peran grim…depress mulu (well, Wolf of Wall Street tempo hari lumayan beda),, tapi semoga akting ‘grim’ dia disini bisa menang Oscar

    *salam kenal ya…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess, semoga DiCaprio bisa memenangkan OSCAR pertamanya.
      Salam kenal juga Nugros, thanx for visit..

      Hapus
  2. Adegan paling shocking tahun ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung, sukses juga untuk blog'nya :)

      Hapus