16 April 2016

Batman v Superman : Dawn of Justice (2016)

Superman, Gambaran Yesus yang Tersamar
Cover Batman v Superman : Dawn of Justice
Skor       :  7.5 / 10
Batman v Superman: Dawn of Justice (2016) on IMDb 
Beberapa Minggu yang lalu, tepatnya tanggal 27 Maret 2016, saya berkesempatan mengikuti sebuah even nonton bareng Batman v Superman secara gratis, hadiah dari Arek Nonton (komunitas pecinta film) yang sudah memilih review film saya berjudul Mr. Go sebagai pemenang lomba review edisi Imlek 2016. Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih untuk Arek Nonton hehe. Nonton bareng bertajuk Movie Date kali ini begitu terasa istimewa, karena pesertanya mencapai angka 120'an lebih. Mereka datang dari 5 komunitas yang berbeda, melebur menjadi 1 dalam 1 gedung bioskop yang sama, Arek Nonton, Superman Fans of Indonesia (SFoI) region Surabaya, STC (Surabaya Toys Community), Gotham Citizen Club dan IUSCC (Indonesia US Comic Collectors). Berbagai macam doorprize mulai dari hot toys, action figure, lego, bantal, kaos, topi hingga komik nuansa superhero juga sudah disediakan oleh pihak panitia untuk meramaikan acara. Terlepas dari itu semua, yang lebih utama adalah tujuan utama dilaksanakannya even ini, yaitu untuk menyalurkan hobi para anggota dan menambah keakraban antar anggota di dalam maupun lintas komunitas. 

Film yang dipilih kali ini juga termasuk istimewa, bertemunya 3 pahlawan super (Batman, Superman dan Wonder Woman) dalam 1 film, juga sudah sangat dinantikan oleh penonton, apalagi judul yang sudah mengisyaratkan adanya pertarungan antara Batman dan Superman menimbulkan rasa penasaran siapakah yang akan menang, Batman ataukah Superman. Ben Affleck yang didapuk menggantikan Christian Bale untuk berperan sebagai Batman mengundang keraguan penonton. Apakah Affleck berhasil memerankan sosok Batman lebih baik, sebaik atau malah masih lebih baik Bale?. Munculnya karakter Wonder Woman untuk pertama kali di layar lebar yang diperankan oleh si seksi Gal Gadot juga semakin menambah cantik film ini, hehehe.. Ok langsung saja yaa...

Superman, Wonder Woman dan Batman
Superman, Wonder Woman dan Batman

Masih ingat peristiwa pertempuran Superman aka Clark Kent aka Kal-El (Henry Cavill) melawan Jendral Zod (Michael Shannon) di Man of Steel yang mengakibatkan kerusakan parah di kota New York, hampir meluluh lantakkan bumi dan menelan banyak korban jiwa? Waktu itu Superman berhasil membunuh Jendral Zod dan menyelamatkan bumi dari kehancuran. Sejak saat itu, masyarakat memandang sosok Superman sebagai seorang pahlawan yang dipuja. Mereka kerap ditolong oleh Superman yang muncul tiba-tiba saat mereka berada dalam situasi yang gawat. Sebuah monumen untuk mengenang jasa Superman juga dibangun di tengah kota sebagai rasa hormat dan terima kasih kepada Superman. 

Namun, tentunya tidak semua orang bisa memandang dari sudut pandang itu, ada sebagian orang yang justru merasa Superman'lah yang harus bertanggung jawab atas kejadian saat itu. Superman lah yang harus dihukum karena matinya anggota keluarga mereka. Superman lah yang menyebabkan mereka harus kehilangan kaki, diamputasi akibat terkena reruntuhan bangunan. 

Situasi inilah yang dimanfaatkan oleh musuh bebuyutan Superman yang di komiknya diceritakan sebagai mantan sahabat karib Superman sejak kecil, yaitu seorang ilmuwan jenius nan eksentrik bernama Lex Luthor (Jesse Eisenberg) untuk melawan Superman. Yang namanya mantan itu selalu menyakitkan, so jangan pernah ada istilah mantan dalam hidup yeee.. Hahaha :D. Lex si pemilik perusahaan Lex Corp ini berambisi untuk menciptakan senjata paling mutakhir yang dapat menghancurkan apa saja dan menguasai dunia. Demi mewujudkan ambisinya, Lex berusaha melawan Superman dengan berusaha menciptakan image negatif pada diri Superman. Diantaranya, menculik kekasih Superman, Lois Lane (Amy Adams) yang saat itu sedang bertugas di daerah konflik, Timur Tengah. Superman pun terpancing dan datang menyelamatkan Lois, tapi kehadiran Superman justru memberikan kesempatan pada Lex untuk menciptakan insiden. Image Superman pun menjadi jelek, Superman dianggap telah mengakibatkan jatuhnya korban jiwa hanya karena ingin menyelamatkan Lois. Lex juga mengambil simpati dari korban pertempuran Superman dengan Jendral Zod yang juga merupakan staff Bruce Wayne aka Batman (Ben Affleck) untuk menjadi saksi kunci dalam kasus persidangan Superman.

Lex Luthor
Lex Luthor

Demi tuntutan sebagian orang yang merasa dirinya harus bertanggung jawab, Superman memenuhi panggilan untuk datang ke sidang pengadilan. Tapi saat itu Lex menjebak Superman sehingga Superman kembali menjadi kambing hitam atas tragedi yang menelan korban jiwa. Sejak saat itu, Superman menjadi sosok yang paling diburu. Banyak masyarakat yang mulai meragukan maksud baik keberadaan Superman di bumi.

Wayne yang saat itu masih berduka alias belum move on dari kematian rekan karibnya, Robin, akhirnya merasa terusik dengan berbagai kekacauan yang sedang melanda kotanya. Dengan berpegang pada keadilan dan keselamatan penduduk kota, Wayne terpaksa menyelidiki dan mencari tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi di bumi. Namun, aksi Wayne tidak berjalan mulus begitu saja, kehadiran sosok wanita cantik misterius bernama Diana Prince aka Wonder Woman (Gal Gadot) kerap sedikit "mengganggu" aksi Wayne. Sebuah mimpi buruk yang datang dalam tidur Wayne, yaitu Wayne yang sedang berusaha untuk mendapatkan batu Krypton yang menjadi sumber ambisi Lex, gagal dan Wayne ditangkap oleh sekelompok pasukan misterius berseragam Superman. Sepenggal pesan dari sosok misterius yang ternyata juga adalah superhero (The Flash) sepertinya juga mengingatkan Wayne akan ancaman di masa depan yang berhubungan dengan kekasih Superman, Lois. Sejak saat itu Wayne mulai menyadari bahwa Superman adalah sebuah ancaman bagi dunia.

Pertarungan antara Batman dan Superman
Pertarungan antara Batman dan Superman
Perseteruan antara Superman dan Batman itulah yang dimanfaatkan oleh Lex untuk menghancurkan keduanya dan memuluskan ambisinya. Lex kembali menangkap Lois, memancing Superman datang dan menangkap ibu Superman, Martha. Lex mengancam Superman agar menyerahkan Batman kepadanya, jika tidak Lex akan membunuh Martha. Terjadilah pertempuran sengit antara Superman v Batman. Sementara itu, Lex berusaha membangkitkan kembali Jendral Zod yang tanpa sengaja malah menciptakan musuh terkuat, Doomsday. Siapakah yang akan menang, Batman atau Superman? Berhasilkah Batman, Superman dan Wonder Woman mengalahkan Doomsday? Bagaimana akhir perjalanan Lex?


Bagi Anda yang belum menonton film Batman v Superman (BvS), mungkin ada beberapa review saya di bawah yang bermuatan spoiler. Jadi jika Anda tidak ingin kenikmatan Anda menonton Batman vs Superman berkurang, lebih baik jangan membaca tulisan di bawah ini.  
AWAS SPOILER!!


Dari sisi cerita, saya belum pernah membaca satupun komik Superman atau Batman, jadi tidak mengerti secara pasti bagaimana cerita versi komiknya. Tapi menurut beberapa teman yang sudah membaca komiknya, sutradara BvS (Zack Snyder) mencoba untuk meleburkan berbagai macam versi cerita komik Superman dan Batman. Jadi tidak mengherankan, ada beberapa bagian yang tidak sama dengan versi komiknya, seperti kemunculan Doomsday yang diambil dari DNA mayat Jendral Zod, di komiknya tidak seperti itu. Namun karena Superman hanya bisa mati di tangan Doomsday, maka dipaksalah Doomsday harus muncul agar Superman mati. #maafspoiler.

Doomsday
Doomsday

Selain itu ada beberapa bagian yang membingungkan dan bisa memunculkan beberapa interpretasi, seperti kemunculan Batman di padang pasir untuk mengambil batu Krypton, entahlah itu betul-betul terjadi atau hanya sebuah mimpi. Pada saat itu, Superman muncul dengan pasukannya dan berhasil menangkap Batman. Dalam sinopsis yang saya tulis di atas saya mengartikannya sebagai mimpi, tapi ada juga sebagian orang yang mengartikan itu bukan sekedar mimpi, tapi cerita di masa depan ketika Superman berubah menjadi jahat. Mengapa dan kapan itu akan terjadi ? Jawabannya mungkin akan ada di sekuel lanjutan BvS. Kemudian ada lagi, kemunculan Flash dari masa depan yang mencoba menyampaikan pesan misterius kepada Batman, kalau Lois adalah "kunci" dari Superman. Apa yang dimaksud Flash dengan "kunci"? Itu juga belum terjawab. Sepertinya Snyder berusaha menciptakan jalan untuk mempersiapkan kehadiran sekuel lanjutan dari BvS. Tapi sayang, jalan itu tampaknya kurang mulus dan menyebabkan penonton jadi bingung hehehe...Mungkin juga jika seandainya beberapa bagian dalam BvS tidak dipotong, akan mempermudah penonton untuk mengerti, karena sebetulnya durasi BvS hampir 3 jam.

Dari sisi pemain, saya semakin suka saja sama Henry Cavill, aura Superman'nya dapet banget. Penampilannya kali ini lebih baik daripada di Man of Steel. Sementara untuk Affleck, hhmmm entahlah saya masih lebih suka Batman versinya Nolan yang diperankan oleh Christian Bale. Batman di BvS ini digambarkan sudah tua dan belum move on atas kematian Robin, jadinya ekspresi Affleck terlihat galau. Batman adalah salah satu superhero yang betul-betul manusia dan mengandalkan kekuatan fisik serta teknologi. Di BvS ini, Batman juga diperlihatkan sudah berusaha nge'gym (hahaha) tapi karena faktor U, jadinya tidak banyak membantu. Kostum baru Batman yang terlihat lebih kokoh dan kuat, justru berkesan berat dan semakin membuat Batman tidak bisa lincah. Topeng Batman'nya juga jauh dari kata keren, mirip seterika arang jadul (maaf ya Batman, hehe). Sedangkan untuk Wonder Woman (Gal Gadot), cukup 3 kata, kostum'nya keren, mantap, dan pastinya seksi puooolll.

Untuk Jesse Eisenberg, well aktor yang juga bermain dalam film Now You See Me ini betul-betul buat saya merinding, baddas banget. Meskipun belum bisa disejajarkan dengan Heath Ladger pemeran Joker dalam The Dark Knight, salah satu aktor yang bisa dibilang sempurna memerankan tokoh antagonis di film superhero, namun penampilan Eisenberg begitu berkesan untuk saya, eksentris dan ekspresi nggak warasnya juga dapet.

Kostum Batman terbaru
Kira-kira seperti inilah penampakan kostum Batman terbaru

Namun terlepas dari itu semua, para penonton terutama fans keduanya (yang juga sudah membaca komiknya) menganggap Snyder berhasil meng'interpretasikan leburan beberapa versi komik keduanya ke dalam sebuah film BvS yang berhasil mengobati kerinduan penggemar #notbadlah intinya

Oya satu lagi, mungkin judul posting'an saya "Superman, Gambaran Yesus yang Tersamar" ini bisa menjadi tanda tanya dan perdebatan bagi sebagian pembaca. Saya sengaja memilih judul ini dengan beberapa alasan. Sesaat sebelum nobar BvS dimulai saya sempat berbincang dengan salah satu anggota SFoI dan saya menanyakan alasan kenapa ngefans sama Superman dan jawabannya ya judul postingan saya itu hehehe.. Apa iya? Itu sih tergantung pandangan masing-masing orang yah, cuman dari perbincangan saya itu, ada beberapa alasan mengapa jawaban itu muncul. Pertama, Superman dibuang dari planetnya (Krypton) ke bumi (sama seperti Yesus yang diutus ke bumi). Kedua, Superman dibesarkan oleh pasangan suami istri Martha dan Jonathan (sama seperti Yesus yang dibesarkan oleh Yosef dan Maria). Ketiga, Superman pertama kali berkarya (memakai jubah) di usia 30 tahun (sama seperti Yesus). Keempat, Superman diceritakan betul-betul mati di usia 33 tahun (dan sekali lagi sama seperti Yesus). Kelima, keduanya juga sama-sama bangkit setelah wafat. Dan yang terakhir, ada beberapa dialog dalam BvS yang mengisyaratkan Superman mirip dengan Yesus seperti salah satunya ketika Batman mengatakan "Siapakah kamu? kau bukan dewa juga bukan manusia". Kembali lagi, itu pendapat masing-masing pribadi. Saya hanya mencoba menggambarkan apa yang saya lihat dari karakter Superman.

1 komentar: