18 Juni 2016

Ringu (1998)

Ringu, Kutukan Video Sadako
Ringu Cover
Skor       :  7.5 / 10
Ringu (1998) on IMDb 

Dulu, ketika zaman saya sekolah ada 1 film Horor Jepang fenomenal berjudul Ringu. Gimana nggak fenomenal, kala itu Ringu ditahbiskan sebagai film horor yang paling menakutkan versi teman-teman sekolah hehe. Setan'nya pun sangat ikonik, wanita berambut panjang terurai melebihi bahu dan menutupi seluruh wajahnya, berpakaian putih dan keluarnya pun melalui televisi, namanya Sadako. Jalan'nya patah-patah dan kadang ngesot. Karena waktu itu jujur saya antipati sama film horor takut terbayang-bayang, saya putuskan tidak menonton Ringu. Nah, setelah bertahun-tahun lamanya dan karena sekarang sudah kebal sama yang namanya Horor (malah pingin nonton Horor kalau pas badan lagi nggak fit, beneran nonton film horor itu buatku bisa menaikkan mood, entah karena apa cuman rasanya setelah menonton horor jauh lebih bersemangat haha), akhirnya saya menonton Ringu. Dan jujur saya suka sekali film ini, malah kalau menurut saya lebih bagus daripada Ju-On. Ok, langsung saja yuk disimak Ringu'nya...
Kematian serentak Tomoko (Yuko Takeuchi) beserta ketiga teman'nya yang sangat misterius (mati di hari yang sama) dengan kondisi yang mengenaskan tanpa meninggalkan jejak kekerasan, mengundang bibi Tomoko, Reiko Azakawa (Nanako Matsushima) yang bekerja sebagai jurnalis sebuah surat kabar untuk menyelidiki. Teman-teman Tomoko mengatakan, sebelum mati Tomoko dan ketiga sahabatnya berlibur ke Pulau Izu dan menonton sebuah videotape keramat (dikutuk). Menurut mereka, telepon akan berdering setelah menonton video itu dan dalam jangka waktu 1 minggu kemudian yang menonton video itu akan mati. Azakawa semakin dibuat penasaran setelah melihat hasil cetak foto liburan Tomoko. Wajah Tomoko dan teman-teman'nya tidak terlihat jelas di semua hasil cetak foto.

Pergilah Azakawa ke Pulau Izu untuk mencari tau apa yang terjadi. Entah setan apa yang berhasil membisikkan sesuatu ke telinga Azakawa, hingga akhirnya secara tidak sengaja Azakawa menemukan videotape bersampul putih tanpa judul itu di antara tumpukan banyak video di rak resepsionis penginapan. Azakawa kemudian memutar video itu seorang diri di dalam kabin tempat Tomoko dan teman-teman'nya pernah menginap. Dan benar saja, sesaat setelah Azakawa menonton video itu, telepon di dalam kabin berdering dan Azakawa mendengar suara aneh dari seberang telepon. Azakawa sadar ia sudah masuk ke dalam perangkap kutukan video itu dan bisa saja hanya dalam waktu 1 minggu kemudian ia akan mati. 

Azakawa kemudian bergegas meninggalkan Pulau Izu dengan tidak lupa membawa video itu pulang bersamanya. Tapi sayang, anak laki-laki Azakawa, Yoichi Azakawa (Rikiya Otaka) yang masih kecil dan memiliki indra ke 6 berhasil dipengaruhi oleh arwah gentayangan Tomoko agar menonton video kutuk itu. Azakawa akhirnya mendapati Yoichi sudah menonton video itu. Karena tidak ingin anaknya (Yoichi) ikut mati setelah menonton video itu, Azakawa meminta bantuan Ryuji (mantan suami sekaligus ayah Yoichi) yang memiliki indera ke 6 juga untuk mencari tahu asal muasal video itu agar dirinya ataupun Yoichi bebas dari kutuk kematian video itu. 

Azakawa dan Ruji menonton video
Azakawa dan Ryuji menonton video

Keduanya menonton kembali video itu dan berhasil menangkap isi dan maksud dari video itu. Video itu ternyata bukan dari dunia, video itu dari kegelapan, video yang dibuat oleh Sadako, hantu super menakutkan yang penasaran ingin membalas dendam dengan menyebar kutukan. Siapakah Sadako? Bisakah Azakawa dan Yoichi selamat dari kutukan video itu?.     

Isi sekilas video kutukan Ringu
Isi sekilas video kutukan Ringu
Ringu ini adalah salah satu film Horor yang kuat di story line seperti halnya Sinister dan Shutter. Kebanyakan, film horor itu menomor duakan cerita, sekedar mengandalkan sosok menakutkan, sekedar membangun setting dan zona yang angker, suara dan teror yang mengagetkan tapi lupa untuk membangun cerita. Padahal cerita'lah yang dapat menjaga keasyikan dan rasa penasaran penonton hingga film berakhir. Jika hanya mengandalkan apa yang sudah saya sebutkan tadi, penonton akan jenuh dan bosan.

Film yang dirilis tahun 1998 dan disutradarai oleh Hideo Nakata ini berhasil mengemas kisah asal-usul Sadako di balik teror'nya yang menakutkan hingga membuat penonton penasaran siapa sebenarnya sosok Sadako. Sebetulnya apa sih yang membuat Sadako melakukan teror kutuk itu?. Pertanyaan-pertanyaan itulah yang menjadi kunci kekuatan film ini. Sosok menakutkan bukan menjadi hal yang utama di film ini, memang ada juga, tapi jangan salah ya, hantu Sadako hanya muncul di akhir-akhir film dan jujur saya merinding abis, hiiii ngeri!!!. Sadako keluar dari sumur tua'nya menembus layar tv dan merangkak setengah ngesot di lantai, epic!!!. Dah gitu, kondisinya yang kotor, lusuh, rambut terurai plus luka-luka di kuku tangannya menyiratkan kengerian dan penderitaan Sadako. Memang bukan sosok yang berdarah-darah tapi sangat mengerikan, betul-betul ngeri. Bukan cuma itu saja, Sadako juga memiliki kemampuan supernatural dapat membunuh hanya dari pikiran.

Aksi ngesot Sadako di lantai
Aksi ngesot Sadako di lantai

Apa yang tampil di video kutukan juga berhasil menampilkan sesuatu yang singkat, penuh misteri dan mengundang tanda tanya, awalnya mungkin membingungkan penonton. Tapi semuanya itu pelan-pelan dijelaskan tuntas hingga akhir film plus twist di akhir cerita. Saya tidak menjelaskan secara detil isi video itu karena akan mengurangi kenikmatan seandainya Anda ingin menonton. Dua kata saja, singkat tapi ngeri. Ringu ini ternyata juga dibuat versi Hollywood'nya dengan judul The Ring di tahun 2002, saya belum pernah menonton dan tidak ada keinginan untuk menonton versi Hollywood'nya, karena sudah bisa dipastikan ceritanya sama dan pasti masih lebih bagusan versi Jepang'nya hehe..

Intinya, suka banget film Ringu ini ;). Berikutnya saya akan mereview film kelanjutan'nya Ringu 2, tungguin ya review'nya hehe :)

1 komentar: