1 Oktober 2016

Goodbye Mr. Black (2016)

Kamu Black dan Aku Swan. Black Swan !!
Cover Goodbye Mr. BlackSkor       :  9.0 / 10
Goodbye Mr Black (2016) on IMDb 

Pemimpin tertinggi grup Sun Woo (Presdir Cha) tewas ditembak oleh kaki tangan Baek Eun Do dihadapan putra angkatnya sendiri Min Seon Jae (Kang Woo Kim). Seon Jae yang sebenarnya tidak menginginkan kematian ayah angkatnya (meskipun Presdir Cha sudah mengetahui kalau ia telah menggelapkan uang perusahaan), terpaksa terjebak dalam permainan busuk Eun Do. Eun Do memanfaatkan kondisi Seon Jae, mengancam dan memperalatnya agar dapat menguasai grup Sun Woo. Dan demi menutupi kejadian yang sebenarnya, Seon Jae mengatakan kepada Cha Ji Won (Lee Jin Wok) anak pertama Presdir Cha kalau sang ayah meninggal akibat overdosis obat pereda nyeri. Seon Jae juga meminta Ji Won untuk segera mengkremasi jenazah ayahnya agar berita overdosis Presdir Cha tidak tersebar ke media karena dikhawatirkan akan menjatuhkan nama baik grup Sun Woo. Ji Won yang tidak memiliki prasangka buruk apa-apa atas kematian ayahnya, menerima usul Seon Jae dan segera mengkremasi jenazah ayahnya. 

Namun, beberapa hari setelah itu tanpa disengaja Ji Won menemukan foto keluarganya yang bersimbah darah terjatuh di lantai gudang tempat terbunuhnya Presdir Cha yang ternyata juga adalah markas persembunyian kelompok narkoba pimpinan Eun Do. Saat itu, sadarlah Ji Won kalau ayahnya mati dibunuh. Ji Won kemudian memberi tahu Seon Jae. Para anggota mafia yang mengetahui keberadaan Ji Won di markas mereka segera mengejar Ji Won dan berusaha untuk menangkapnya. Tapi karena Ji Won adalah seorang Kapten di kesatuan Angkatan Darat yang memiliki keahlian khusus dalam bertarung dan bertahan, Ji Won dapat meloloskan diri dengan mudah.

Aksi Mr. Black
Aksi Mr. Black
Sumber : beritahangat888.blogspot.com

Seon Jae menjadi sangat ketakutan dan memberitahu Eun Do tentang Ji Won. Eun Do tidak kehilangan akal, ia merekayasa rekaman kamera CCTV di sekitar markasnya sehingga tampak seperti Ji Won telah membunuh seorang anak buah Eun Do. Rekaman palsu itu beredar di media dan Ji Won menjadi buronan kepolisian. Untuk menghindari kejaran pihak kepolisian, Ji Won menutupi jati dirinya dengan melakukan pernikahan palsu dengan seorang gadis yang biasa dipanggil dengan Kaya (Moon Chae Won) padahal Ji Won sudah memiliki seorang tunangan, Yoon Ma Ri (Yu In Yeong). Kaya sendiri adalah seorang gadis penjual jus, ia kehilangan memori masa kecilnya karena trauma setelah menjadi korban keganasan Tsunami di Thailand saat ia masih kecil. Karena nama Kaya memiliki arti yang kurang baik, Ji Won memberinya nama Swan dan Ji Won sendiri mengganti namanya dengan Black. Selanjutnya sudah dapat diperkirakan, Swan akhirnya benar-benar jatuh hati kepada Black.

Film seri Korea sebanyak 20 episode ini diangkat dari sebuah komik karangan Hwang Mi Na yang terinspirasi dari Novel Prancis berjudul The Count of Monte Cristo. Kali ini, tema yang diangkat tentang pembalasan dendam. Sudah tidak terhitung banyaknya film Korea yang mengusung tentang balas dendam, seperti misalnya East Of Eden, Can You Hear My Heart dan Cain and Abel tapi ada beberapa poin yang membuat Goodbye Mr. Black terasa lebih spesial. Penulis cerita sangat cerdas dalam merangkai cerita hingga susah untuk ditebak, bahkan itu terjadi sampai film ini hampir berakhir dengan ending yang ngetwist. Perpaduan antara drama, action, thriller dan romance'nya seimbang, semuanya dapet dan tidak ada satupun dari ke empat'nya yang benar-benar kuat mendominasi. Karena itu pula, hampir tidak ada perasaan bosan ketika menonton film ini, hanya pada sekitar episode 15 menuju ke 16 saja yang agak ada sedikit penurunan pada fokus cerita, tapi setelahnya tidak hingga film berakhir.

Bukan hanya di cerita, para pemainnya juga cakep-cakep hehehe, ada Jin Wook mantan kekasih Choi Ji Woo yang sangat cocok sekali memerankan Mr. Black, ada juga Woo Kim yang meskipun memerankan tokoh antagonis, tapi berhasil mencuri perhatian penonton dengan akting dan gayanya yang cool. Menurutku, akting Woo Kim di sini sedikit lebih baik lho dari Jin Wook. Chae Won juga memerankan Swan dengan sangat bagus.

Aksi Woo Kim sebagai Seon Jae dalam Goodbye Mr. Black
Aksi Woo Kim sebagai Seon Jae


Para pemain Goodbye Mr. Black
Para pemain Goodbye Mr.Black
Dari kiri ke kanan : Song Jae Rim, Moon Chae Won, Lee Jin Wook,
Yu In Yeong dan Kang Woo Kim

Dan yang terpenting, Goodbye Mr. Black telah mengingatkan kembali kepada penonton arti dari sebuah keluarga. Keluarga adalah layaknya 1 tubuh, jika salah 1 anggota tubuh terluka maka 1 tubuh akan ikut merasakan sakit. Tidak ada 1 dari anggota tubuh yang lebih penting daripada anggota tubuh yang lain. Dari Goodbye Mr. Black penonton juga diingatkan kembali bahwa sejahat-jahatnya manusia pasti memiliki orang yang dikasihi dan itu adalah suatu perasaan nyata yang tidak dapat diingkari.

Dan yang terakhir, karena ini film Korea pastinya tidak luput dengan yang namanya soundtrack hohoho.. Maut dah soundtracknya terutama yang berjudul Goodbye yang dinyanyikan oleh Baek Ji Young. Baper terus kalau dengar nih lagu :) Ada juga lho benda kesayangan khas-khas film Korea kebanyakan dan kali ini benda kesayangan itu adalah kompas milik Ji Won bertuliskan Spero Spera dari bahasa Latin yang artinya "As Long as you breathe, There is a hope" hehhe

Karena saya sangat suka dengan film seri yang tidak terlalu ngeromance saya suka banget dengan Mr. Black, komplit, ada balas dendam, intrik bisnis, kriminal, keluarga dan cinta segitiga. Bayangkan saja ya jika dalam film dengan puluhan episode, penonton hanya terus dihadapkan pada proses PDKT, aksi gengsi jual mahal dan cinta segitiga, kalau saya yaa boring hehehe...

1 komentar: