17 April 2012

Gaya Khas Drama Korea

Buat yang hobi nonton Drama Korea, pernah tidak memperhatikan, ternyata Drama Kore memiliki gaya yang khas. Tidak hanya 1 atau 2 filmnya yang punya kesamaan gaya, tapi hampir setiap filmnya punya beberapa kesamaan berikut :

Hormat Anak kepada Orang Tua
Tokoh Protagonis hormat kepada orang tua itu hal yang biasa, tapi bagaimana dengan tokoh Antagonis? Ini yang buat aku salut sama film Korea. Sejahat apapun tokoh Antagonis, masih tetap menunjukkan sikap hormatnya kepada orang tuanya. Ya, itu hanya ada di film Korea. Walaupun ada juga beberapa cerita yang menunjukkan kebencian orang tua terhadap anaknya, anaknya tetap saja hormat kepada orang tuanya. Bisa dilihat di Women In The Sun, Bread Love and Dreams, dan Birth of Rich Man.   

Adegan Menggendong
Ya ini yang tidak pernah ketinggalan, yang hampir menghiasi 80% drama Korea. Entah karena lawan mainnya mabuk, lelah berjalan, alas kaki yang rusak, sedih, itulah alasan2 yang mengharuskan pemain pria menggendong lawan mainnya. Yang digendong pun tidak harus kekasihnya, bisa anaknya, keluarganya, bisa juga orang tuanya. Bisa dilihat di Can You Hear My Heart, Marry Me, Marry!, dan Endless Love.

Acara Mabuk / Minum-minum
Apa benar mabuk sudah menjadi kebiasaan di Korea? Karena, biasanya pemain yang ada dalam suasana hati yang sedih atau kecewa, selalu di tampilkan melampiaskan kekecewaannya di sebuah bar atau kedai pinggir jalan dengan minum-minum minuman keras hingga mabuk. Salah satu contohnya bisa dilihat di Midas.

Merayakan Keberhasilan di Tempat Karaoke
Adalah suatu kebiasaan di film2 Korea, merayakan keberhasilan dengan karaoke bersama. Biasanya dilakukan bersama rekan2 sekantor. Kalau dengan keluarga justru malah tidak pernah. Sambil berkaraoke, mereka juga memenuhi meja mereka dengan makanan, tidak jarang pula mereka berkaraoke ditemani wanita cantik.


Benda Kenangan Kesayangan  
Kebanyakan film Korea, selalu menggunakan objek/benda yang menjadi kenangan bagi para tokohnya. Benda2 itu selalu muncul saat sang tokoh mengingat kenangan bersama orang yang memberi benda itu. Contohnya,  kalung di Birth of Rich Man, boneka Teddy Bear di Thank You, kantong kacang di Can You Hear My Heart, belati kecil di Great Queen Seon Deok, dan masih banyak lagi.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar