11 Februari 2013

Bagus atau Tidak?

Sebagian besar pertanyaan yang muncul dan menjadi pertimbangan untuk memutuskan menonton sebuah film adalah "Bagus atau Tidak?". Bagus atau tidaknya sebuah film itu sebetulnya relatif. Tergantung selera individu masing-masing.

Untuk yang gemar action, melihat film drama dengan porsi dialog yang besar, akan terasa garing. Untuk yang gemar drama, melihat film action akan terasa tidak nyaman dengan banyaknya kebrutalan yang ada di film action. Ada juga sebagian orang yang suka dengan aktor atau aktris tertentu akan menyukai semua film-filmnya tanpa perduli lagi jenis film yang ia gemari dan menutup mata untuk bagus atau tidaknya film itu. Sebagian kecil lagi juga ada yang mengatakan, "Film itu dibuat, tujuannya untuk menghibur, jadi saya tidak menyukai film yang membuat penontonnya menjadi sedih". Semua itu betul, tidak ada yang salah dalam menilai sebuah film itu "Bagus atau Tidak", kembali lagi ke pernyataan "Tergantung selera individu masing-masing".  

Terlepas dari penilaian setiap orang yang berbeda dalam memandang "Bagus atau Tidak" nya sebuah film, berikut beberapa point yang menurut saya bisa membuat sebuah film dikatakan bagus. Sekali lagi saya tekankan, point-point berikut ini menurut pandangan saya.

Film dengan ide cerita yang unik
Ide cerita yang unik bisa membuat alur cerita susah ditebak dan akhirnya penonton akan dibuat penasaran. 

Film yang mengangkat kisah nyata
Rata-rata film yang mengangkat kisah nyata berada di zona aman, dari segi cerita bisa dikatakan jaminan 50% bagus. Tidak dibuat-buat dan wajar. Tinggal menanti peran dari tokoh utama, bisa tidak aktingnya mengisi kekurangan 50% yang tersisa dari film itu.

Film yang dapat memberikan pesan moral dan kesan kepada penontonnya
Memang betul film dibuat untuk menghibur, tetapi akan lebih berbobot lagi jika sebuah film dapat memberikan pesan moral dan kesan, sehingga penonton akan selalu mengingat film itu.

Film yang tetap bisa dinikmati walaupun tanpa volume suara/dengan volume suara yang minim
Saya pernah mencoba menonton beberapa film tanpa volume suara/dengan volume suara yang minim. Film dengan dialog yang menarik tidak akan membuat penontonnya merasa bosan bahkan mengantuk walaupun penonton menontonnya tanpa suara. Film inilah yang memang betul-betul memiliki cerita yang bagus.  

Beberapa point diatas yang selama ini menjadi acuan bagi saya untuk memberi kesimpulan "Bagus atau Tidak" nya sebuah film. Bagaimana dengan Anda? Silahkan untuk berbagi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar